Mini Blog

Catatan dan Tulisan Ringan

Syarat ketentuan zakat fitrah Syarat ketentuan zakat fitrah
Perlu di ketahui bahwa ketentuan zakat fitrah  memang harus benar- benar di pahami. Sebenarnya, zakat fitrah merupakan zakat yang waijib dikeluarkan pada malam takbiran... Syarat ketentuan zakat fitrah

Perlu di ketahui bahwa ketentuan zakat fitrah  memang harus benar- benar di pahami. Sebenarnya, zakat fitrah merupakan zakat yang waijib dikeluarkan pada malam takbiran atau sebelum shalat ied. Hal ini memang banyak di lakukan oleh para umat muslim. Tata cara perhitungan dan ketentuan zakat fitrah memang wajib di ketahui. Terutama bagi masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi. Inilah beberapa ketentuan zakat fitrah yang wajib di ketahui.

  • Malikiyah

Sejak 2 hari sebelum hari raya hingga paling lambat terbenamnya matahari tanggal 1 syawal. Akan tetapi, apabila lewat batas akhir  belum mengeluarkan zakatnya, maka seseorang akan tetap berkewajiban membayarnya.

  • Hanafiyah

Merupakan sutau zakat yang tidak ada batas awal dan akhir.  Zakat ini dapat di lakukan dengan cara membayarkan sebelum hari raya (1 syawal), bahkan sebelum masuk ramadhan. Selain itu, anda juga harus membayar zakat fitrah meskipun terlambat hingga lewat tanggal 1 syawal.

  • Madzhab hanbali

Adalah jenis zakat fitrah yang dapat di lakukan pada awal pembayaran.  Zakat fitrah ini sama dengan madzhab maliki. Dimana, dua hari sebelum hari id harus di lakukan zakat fitrah. Sedangkan waktu terakhirnya yaitu sama dengan pendapat syafi’i.

  • Syafi’iyah

Sejak hari pertama ramadhan hingga  tenggelamnya matahari 1 syawal.

Itulah beberapa jenis ketentuan zakat fitrah yang wajib anda ketahui. Dengan ketentuan tersebut, maka anda akan lebih mudah untuk berzakat.

 

READ  Cara Perhitungan Zakat Mal

bani47

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *